Sabtu, 31 Desember 2022

Dari Backstage JFC 2022 : The Legacy


Hallo....

Dalam hitungan jam kita akan melewati tahun 2022. Banyak hal yang telah dilalui. Buat aku, tahun 2022 seperti memulai hal baru. Tiga tahun diterpa pandemi tentu saja bukan hal yang mudah. Dan di 2022 inilah berbagai kesempatan dan pekerjaan mulai berdatangan kembali. Salah satunya dengan terlibat di Jember Fashion Carnaval atau JFC.



Tahun ini JFC kembali di adakan setelah sempat vacum dimasa pandemi. Sekitar awal bulan Juli aku di hubungi untuk menjadi bagian dari Team MUA untuk makeup in talent mereka. Kaget banget, tapi terus terang awalnya gak langsung senang setelah tahu pelaksanaannya bulan Agustus. Bulan dimana sedang musim pawai dan karnaval. Sebelum meraka contact, aku sudah dihubungi terlebih dahulu oleh beberapa customer yang akan booking baik kostum maupun makeup. 

Sedih banget, mengingat ini kesempatan yang belum tentu bakal datang 2 kali. Berkali - kali cek jadwal dan Alhamdulillah pawai di daerahku start tanggal 10 Agustus, jadi aku bisa berangkat ke Jember.Yeaaaa....





Sebagai pekerja seni bisa menonton JFC secara langsung bukan saja sebuah keinginan. JFC merupakan ajang kesenian dan fashion tempat semiman dan pekerja kreatif tumplek blek untuk mempertunjukkan karyanya. Bukan hanya dari Jawa tapi seluruh Indonesia. 


Selama ini pengen sih, bukan hanya untuk hiburan semata tapi banyak ide kostum dan makeup carnival berkiblat dari JFC. Tiket JFC pun selalu sold out, bulan hanya diserbu warga lokal tapi wisatawan macanegara juga. Padahal tiketnya mayan mahal. Jadi jangan bilang norak kalau lantas terharu. Huhuhu...🥺


JFC 2022 kali ini mengambil tema The Legacy, dilaksanakan selama dua hari pada 6 dan 7 Agustus 2022. Carnaval yang di tampilkan terdiri dari :

  • Pets Carnival. Karnaval hewan hasil kolaborasi JFC dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia ( PDHI ), BKSDA dan komunitas pecinta hewan.
  • Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia ( WACI ). Ini merupakan carnival perwakilan dari berbagai daerah. WACI merupakan inisiasi dari kemenparekraf dan JFC untuk menyatukan dan menampilkan budaya Indonesia pada panggung JFC.
  • Art Wear Carnival ( Fashion Art ). Art Wear Carnival menampilkan busana tematik dengan sentuhan art karya designer, brand , komunitas dan UMKM. Meliputi Batik Fashion, Moslem Fashion, Art Wear, Wedding Fashion dan designer participany.
  • World Kids Carnival. Karnaval kelas dunia yang performernya anak -anak. Tidak hanya menampilkan kostum yang unik dan colorful tetapi juga koreografi yang indah.
  • Grand Carnival Of JFC2022. Pertunjukan puncak acara JFC
Beberpa hari sebelum pelaksanaan, saya dan puluhan MUA yang telah ditunjuk menjadi team Make Up Artist untuk JFC 2022 mengikuti technical meeting yang dilaksanakan secara online, mengingat MUA berasal dari daerah yang berbeda - beda. Panitia membagikan mood board yang berisi detail makeup yang akan dipakai nanti. Jadi kita kebagian jatah makeup performer untuk ART WEAR yang tampil pada tanggal 6.
 



So, ini adalah beberapa hasil make up ku pada JFC 2022. Sampai bertemu di event lainnya...😘😘






Tidak ada komentar:

Posting Komentar