Senin, 09 November 2015

Oleh - oleh Dari Fun Blogging7 di Surabaya


Fun blogging7 merupakan event blogging pertama yang saya ikuti. Sebagai newbie dalam dunia perbloggingan yang tinggal di daerah, event semacam ini merupakan barang “mewah”. Makanya sejak jauh jauh hari saya sudah melakukan persiapan. Mulai dari pendaftaran ( takut kehabisan seat ) sampai ngebooking Si Babe buat jadi ojek sukarela. Hahaha..... Secara jarak Tuban ke Surabaya membutuhkan waktu 2,5 sampai 3 jam perjalanan. Gak lucu kan kalau sampai terlambat datang di event bergengsi ini?
Yang penting #GoForIt...



Fun blogging sendiri di prakarsai oleh 3 sekawan Haya alya zaki, Shintaries dan Ani Berta. Jangan ditanya pengalaman ketiganya. Mereka adalah orang-orang yang punya passion tinggi dibidangnya masing-masing. Meski demikian, mereka kompak tidak mau di sebut “seleb blog”. Tetap humble dan down to earth. Terbukti selama acara berlangsung, nyaris tak ada batasan antara mereka selaku pemberi materi dengan para peserta lainnya. Tampak akrab seperti sharing antar blogger saja. Begitu fun....!

Diawali dengan pembicara pertama, mbak Haya alya zaki yang mengambil topik Writing Great Content. Bagaimana kita membuat tulisan yang baik dan menarik. Karena bagi blogger, “nafas” dari blog adalah konten. Ada beberapa tips yang disampaikan supaya tulisan lebih kuat dan bertenaga. Diantaranya: seorang blogger harus jujur, menulis sesuai minat dan atau berdasar pengalaman pribadi. Mencari ide atau gagasan unik, melakukan riset dan memperhatikan key messages (terutama yang menyangkut brand). Kalimat yang digunakan tidak boleh terlalu panjang, dengan menggunakan kalimat aktif yang kaya akan diksi. Selain itu jangan lupa untuk mencermati EYD, memperhatikan logika dan yang terpenting adalah self editing. Baca berulang-ulang tulisan sebelum dilepas menjadi postingan.


Ada rumus 5W+1H yang bisa dijadikan sebagai patokan menulis. Yaitu what ( ada kejadian apa?), who (siapa/pelaku), where ( dimana kejadian berlangsung), when (kapan), where (dimana) dan how ( bagaimana bisa terjadi ). Selain itu memanjakan mata pengunjung blog dengan foto-foto yang eye catching bisa jadi nilai tambah buat blog yang kita kelola. #Siapppp.....Cik Gu!

Narasumber berikutnya adalah Shintaries. Terus terang saya (mungkin peserta lainnya juga hehehe...) sempat dibuat puyeng dengan penuturannya. Maklum, materi Advancing Your Blog Platform tergolong “berat” buat saya yang gaptek ini. Blogger yang juga seorang web designer ini menjelaskan panjang lebar tentang ideal lay out sebuah blog. Diantaranya pemakaian font yang nyaman buat pembaca seperti arial atau calibri ( kebetulan saya sering memakai arial ), background sebaiknya memakai warna dasar putih (sampai sekarang saya masih ngotot pakai warna favorit, merah), kontak detail termasuk email dan no music please..... Aiiihhh...aihhh...poin yang terakhir tuh gue bangetπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…. Pulang workshop, Brother nya Yngwei Malmstein sama Fall Again versi Robin Thicke buru-buru kuhapus dari blog. Hahaha....


Di sesi terakhir giliran Ani Berta mengulas tentang Monetize Your Blog Through Branding. Hmmm......kami langsung melotot begitu tahu berapa fee yang didapatnya dengan menulis di blog, sekian digit sodara sodara!. Seketika langsung bersemangat mengikuti materi yang disampaikannya. Sebagai blogger senior, beliau sudah menjadi langganan berbagai brand untuk menulis tentang productnya. Selain itu, beliau juga dipercaya oleh beberapa institusi pemerintah untuk menulis konten tentang issue gender dan program kemanusiaan. Yang paling berkesan ( dan bergengsi) adalah saat di tunjuk AUSAID (Australia Agency for International Development ) untuk menjadi salah satu kontributornya dengan berkeliling ke 10 propinsi di Indonesia. Tentu saja untuk terjun langsung mengetahui kondisi real yang dialami oleh perempuan – perempuan dan anak-anak di daerah untuk kemudian membuatnya menjadi sebuah tulisan.


Melalui uraiannya jadi tahu, bahwa ada banyak peluang pekerjaan yang bisa didapat dengan blogging. Tak terbatas apakan blogger dengan domain sendiri atau gratisan ( baru tau kalau beliau juga masih pakai domain gretongan.#tosss ). Agar blog dilirik agency, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Diantaranya : konsisten update ( great konten tentunya), sering-sering BW dan meninggalkan jejak, mengoptimalkan SEO, ikut komunitas dan personal branding.

Mbak Ani juga mengajak peserta untuk meningkatkan benefit sosial medianya sebagai info sharing, networking dan education. Jadi yang biasa "nyampah" di medsos buruan insyaf dah... Gak mungkin doooong brand bakal naksir kalau sosmed kita isinya status galau melulu?


Selepas Fun blogging7 pulang dengan kepala yang penuh. Penuh ide dan gagasan. Penuh semangat untuk produktif menulis dengan konten yang lebih berbobot. Penuh tekad untuk ngoprek sosmed yang selama ini belum dipergunakan secara maksimal dan penuh semangat untuk membenahi blog. Sebelum menjadi besar seperti saat ini, mereka juga pasti pernah mengalami menjadi blogger pemula yang tidak berhenti belajar menjadi semakin baik.

Terimakasih Qwordsdotcom, Mobil123 juga Smartfrenword yang sudah menjembatani terlaksananya fun blogging7 ( aku dapat doorprise T-shirt smartfren 4G euyy...). Mbak Shinta Ries, Haya Aliya Zaki yang tidak pelit menebar ilmu blogging nya. Semoga event – event sejenis bisa segera terlaksana kembali.


32 komentar:

  1. Wah asyik ya bs ikutan acara ini byk ilmunya.jd pgn. Kpn d smg ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Semarang segera dapet giliran ya...

      Hapus
  2. Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari acara FUN BLOGGING 7 kemarin.
    Mari kita praktekkan ilmu tersebut agar kita bisa menerbitkan artikel yang menarik dan bermanfaat.
    Soal cring cring cring adalah bonusnya.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak Dhe, sepulang dari sana jadi semangat ngoprek blog sama sosmed. Semoga bisa menghasilkan tulisan yang kian berkualitas. Salam balik dari Tuban

      Hapus
  3. nice blog, wah itu funblogging cewek semua ya bu acaranya kebanyak..asik juga dan semoga banyak menambah pengalaman dan manfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih udah mampir mas Danang.
      Peserta fun blogging ada cowoknya juga koq. Di Surabaya kemaren ada Pak de Cholik dan mas Didik

      Hapus
  4. Dapat banyak ilmu ya mba. Semoga saya dapat kesempatan juga ikut fun bloging

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semoga semua kebagian kesempatan.

      Hapus
  5. seru banget acaraanyaaa... mau ikutan lagi kalo ada.. gak bosen dengerin 'dongeng'nya mereka bertiga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Iya nehh...saling kasih info ya mbak Eda kalo ada event sejenis

      Hapus
  6. Siap tempur ya mbak Ila πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap tempur dengan senjata modem sarat kuota mbak Heni. hahahaha....

      Hapus
    2. Wajib itu.
      Kalo lagi ngambek modemnya, kabur ke warnet terdekat hehehe.
      Kebetulan dekat daerahku ada warnet khusus perempuan, cucok dah

      Hapus
    3. Sipppp.....siiipppp.....sipppp

      Hapus
    4. Hahah harus semangat terus dong

      Hapus
  7. pulang dari sini list-list what to do bener banget, menumpuk hahahah la wong dari kemarin kemana ajaaa kita ya hihihi...salam kenal mbak Ila :)

    BalasHapus
  8. Mbak Ila sempet narsis berempat euy kereeeen ini mah...

    Kapan hayuuk bikin kelas advance di Surabaya heheheh

    BalasHapus
  9. Eh...lucky me, Neng Nunung.
    Kabati aja kalo ada mbak. Aku mah hayuukk ajaa...

    BalasHapus
  10. Akupun bersyukur banget bisa dateng di acara ini :)

    BalasHapus
  11. Oleh-oleh saya cuma foto-foto dan materi, Mbak ^_^
    Meski saya tidak hadir lho...

    BalasHapus
  12. Senangnya bisa berjumpa dengan para blogger yang berdomisili di Jatim. Ilmunya juga nancep banget. Nice to meet you, mbak! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nice to meet u too mbak Silvi, makasih sudah mampir di blog yang masih apalah ini...

      Hapus
  13. Eh, iya mbak. Pas Trio Dara minta difotoin pake tulisan itu sempat denger kalo buat "Rahmah" yang batal hadir. Ternyata njenengan. Terimakasih udah mampir. Semoga kita senantiasa di beri kesehatan, lain waktu bisa bertatap muka langsung.

    BalasHapus
  14. Oleh-oleh dari Fun Blogging 7, dapat banyak ilmu.
    Aku harus mulai berbenah nih, banyak yang belum diterapkan hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduhh...kalo mbak Lianny gak usah di tanya deh pengalaman nge blog nya...

      Hapus
  15. Salah satu oleh2ku adalah pertemanan baruuuu... Asik bgt fun blogging surabaya. Ngga nyesel deh ikutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama ini cuma baca blog nya ya..

      Hapus
  16. Mantap ini acara kak, besok besok kalo ada boleh dong di infoin biar tau dan ikutan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoho setuju mas. aku juga dong dikabarin

      Hapus
    2. Bisa kepo in sosmed founder nya aja mas Annas Motivator. Siapa tau ada kelas advance

      Hapus