Sabtu, 24 Desember 2016

6 Tips Memilih Penginapan Agar Liburan Nyaman





Libur telah tiba...libur telah tiba...

Selain destinasi dan transportasi, hal lain yang tidak kalah penting saat liburan adalah penginapan. Penginapan membutuhkan anggaran yang cukup besar. Ada banyak pilihan penginapan yang bisa mengakomodir kebutuhan wisatawan. Ya, kalau kamu liburannya gaya sosialita barangkali gak akan pengaruh.  Hotel dan penginapan semahal apapun hajar saja.



Masalahnya tidak semua orang memiliki budget yang besar untuk berlibur. Harus pintar-pintar memangkas anggaran agar tetap bisa menikmati liburan dengan nyaman. Saat ini kita bisa dengan mudah googling untuk mencari referensi hotel dan penginapan yang sesuai dengan isi kantong.

Berikut ini 6 langkah memilih penginapan agar liburanmu tetap nyaman.

1. Tentukan Jenis liburan. 
Apakah kamu berlibur sendiri ala bacpacker,  rombongan dengan teman atau rame rame sekeluarga tentunya membutuhkan akomodasi yang berbeda. Bagi yang backpacker mungkin lebih nyaman menginap di hostel atau dormitory, namun yang berlibur rame rame atau sekeluarga rasanya villa atau cottage lebih leluasa.

2. Lokasi
Carilah penginapan yang letaknya berdekatan dengan obyek wisata yang dituju.  Selain memudahkan juga bisa menghemat biaya transportasi. Pertimbangkan juga apakan ada pendukung lainnya seperti dekat dengan minimarket atau rumah makan.

3. Fasilitas
Pada umumnya,  hotel dan penginapan yang memiliki fasilitas komplit harganya juga akan semakin mahal.  Harus difikirkan lagi apakah fasilitas tersebut akan benar-benar berguna?.  Mengingat saat berlibur biasanya kita lebih banyak berada di luar ketimbang ngendon di hotel.  Kecuali mereka yang memilih untuk staycation ya.

5. Perbanyak referensi
Sekarang sudah banyak agen tiket online yang memberi banyak referensi.  Bisa juga dengan membaca review dari blog atau media lainnya untuk mengetahui reputasi dan kualitas penginapan yg kita tuju.  Gak ada salahnya juga bergabung dengan grup traveler yang banyak share informasi perjalanan termasuk penginapan.

5. Waktu Memesan
Pada umumnya hotel atau penginapan akan memberlakukan tarif normal pada walk in guest alias tamu hotel yang datang tanpa reservasi lebih dahulu.  Ada baiknya memesan sejak jauh-jauh hari.  Jika pesan melalui travel online biasanya malah akan mendapat harga lebih murah.

6.Harga
Ini adalah hal maha penting diatas lima poin diatas.  Apajadinya lokasi strategis, fasilitas dan pelayanan oke tetapi tidak sesuai budget yang kita anggarkan.


Yang terpenting adalah kenyamanan. Bagaimana setelah liburan kita merasa fresh,  seneng tanpa kepikiran kantong yang terkuras.

Selamat berlibur....


10 komentar:

  1. biasanya kalau liburan pasti bareng keluarga dan bawa anak-anak, jadi mesti cari penginapan yang nyaman terutama untuk anak-anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai kebutuhan ua mb Indah Primadona

      Hapus
  2. Lokasi penginapan yang dipilih..., ya nyari-nyari yang dekat kemana-mana ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelebihannya bisa buat belanja oleh-oleh tuh

      Hapus
  3. Ya 6 hal tersebut penting banget. Kmrn sy prsktekn wkt libura ke banyuwangi dan bali

    BalasHapus
  4. Iya bener pesan jauh2 hari dan dari website online biasanya malah dapat harga promo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo liburannya lama trus lihat tagihan hotel normal bisa nyesek banget ya 😃😃

      Hapus
  5. Pertama kali nginap di hotel dg bayar sendiri (bukan dinas) itu dapet hotel sederhana yg ratenya cuman 100 ewu. Opo kurang medhit jal?? Wkwkwk.... itu taun 2012 di Jogja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHA... Ngirit sama medhit beda tipis ya mb wid,

      Hapus