Selasa, 11 April 2017

Mencicipi 4 Kuliner Nusantara yang Terkenal Hingga Mancanegara



rempah kuliner wisatamucom.jpg

Buat pecinta kuliner ( baca: tukang makan ) semacam aku ini, apalah jadinya mengunjungi suatu tempat tanpa mencicipi kulinernya. Apalagi kuliner nusantara yang terkenal kaya akan rempah itu. Ya, siapa sih yang bisa menolak sate kambing saat harum asap pembakarannya nyebar kemana-mana. Tahu campur plus lentho,  atau gurihnya kare rajungan yang baru nyebut namanya aja udah bikin baper. Eh, laper☺.
Buatku berwisata kuliner tidak harus selalu berakhir di resto mahal, bisa jadi makanan enak itu dijual ngemper di teras sebuah ruko. .

Soal kegemaran berwisata kuliner ini aku bahkan punya cerita konyol. Jadi pernah berdua dengan suami makan sambil kaki nangkring di kursi warung ditengah-tengah banjir. Demi apa coba. Tak lain demi semangkok kari kambing di jalan Semarang Surabaya yang sudah jadi langganan sejak kami pacaran dulu. Hujan deras membuat air di sekitar warung milik Bu Siti itu lama kelamaan semakin meninggi. Cuek aja makan, padahal baju udah setengah basah kena tetesan air hujan dari atap warung yang bocor di beberapa bagian. Udah gitu warung ini cuma pakai penutup dari kain khas PKL. Jadilah kami makan dengan punggung basah kuyup. Babe! sempat nggerundel, tapi malahan do'i habis dua mangkok. Hahaha....


Salah satu tujuan para wisatawan mendatangi suatu tempat atau negara selain dari keindahan alamnya adalah karena budaya dan kekayaan kulinernya. Sejak dulu, Indonesia terkenal karena kekayaan alamnya, salah satunya adalah rempah-rempah. Karena alasan inilah dulu Indonesia di jajah.  Luasnya nusantara dan berbagai macam budaya menjadikan negara ini juga kaya akan kulinernya.

Dan merupakan kepuasan tersendiri jika bisa menikmati kelezatan kuliner asli dari daerah asalnya. Untuk memfasilitasi hal tersebut pesawat Citilink membuka rute keseluruh nusantara, selain akan mempermudah untuk lebih mengenal tempat-tempat dari Sabang sampai Merauke, Pesawat Citilink juga memberikan kenyamanan untuk kamu terbang. Dan berikut beberapa masakan khas nusatara yang sudah termasyur sampai ke mancaneraga.

  1. Nasi Goreng

nasi goreng selerasacom.jpg
foto:selerasa.com
Di negara Paman Sam, sebenarnya sudah banyak tempat makan yang menyediakan menu ini, namun namanya semakin melambung saat Presiden Barrack Obama menyebutkan jika Nasi Goreng adalah salah satu makanan kesukaannya, dan banyakorang yang akhirnya menjadi penasaran mengenai nasi goreng ini. Dan di tahun 2011 CNN menobatkan Nasi Goreng sebagai makanan terlezat kedua di dunia.


Meski sebenarnya, Nasi Goreng bukan merupakan masakan asli Indonesia, masakan ini merupakan salah satu masakan asal Tionghoa yang telah ada sejak ribuan tahun lalu. Para perantau yang berdatangan ke nusantaralah yang mengenalkan resep masakan ini, lalu di adaptasi dan disesuaikan dengan kebudayaan Indonesia.



  1. Gado-Gado

gado-gado bangocoid.jpg
foto:bango.co.id
Gado – Gado atau di luar negeri terkenal sebagai Javanese Salad ini merupakan campuran dari berbagai macam sayuran yang di rebus. Makanan tinggi nutrisi ini semakin menanjak namanya seiring dengan banyaknya penganut makanan vegetarian baik di dalam maupun di luar negeri. Campuran sayuran hijau dan telur di guyur dengan bumbu kacang nan gurih memang menjadi daya tarik sendiri dan sering menjadi pilihan para travellers asal luar negeri.



  1. Bakso

bakso halhalalcom.jpg
foto:halhalal.com
Ah, rasanya hampir semua orang menyukai makana berkuah ini. Bahkan Fransoa, penyanyi asal prancis menyebutkan nama makanan ini dalam lagunya berjudul “Aku Lapar”. Seperti Nasi Goreng, bakso pun merupakan makanan hasil alkulturasi dari masakan khas Tionghoa. Sebenarnya, arti Bakso secara harfiah adalah babi giling. Namun, karena mayoritas warga Indonesia adalah muslim, maka daging babi diganti menjadi menggunakan daging sapi, ayam, ikan dan bahkan udang. Setiap daerah memiliki variasi bakso yang berbeda-beda, ada Mie Kocok asal Jawa Barat, Baso Malang khas Malang.
  1. Rendang

rendang satujamcom.jpg
foto:satujam.com
Rendang rasanya menjadi makanan yang paling terkenal karena menduduki peringkat pertama sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN tahun 2011. Masakan ini rupanya telah ada sejak abad ke-19. Pada masa itu masyarakat Minang membutuhkan perbekalan yang tahan di simpan lama, karena mereka harus merantau dan berlayar di selat Malaka.
Hasil dari perantauan mereka adalah masakan Rendang menjadi terkenal di hampir seluruh Nusantara. Dan rasanya hampir seluruh daerah di Indonesia terdapat rumah makan Padang. Bumbu dan rempah yang meresap ke dalam daging menjadikan masakan ini memiliki tempat khusus di setiap menikmatnya. Dan Rendang selalu menjadi raja di setiap rumah makan padang.
Nah, dari sekian banyak masakan tadi, mana yang menjadi favoritmu? Atau kamu memiliki makanan favorit khas daerahmu? Jika kamu ingin merasakan makanan diatas dengan cita rasa yang lebih otentik, segera pesan tiket pesawat Citilink di traveloka.com/citilink. Dan selamat menikmati rasa masakan Indonesia yang dapat menggoyang lidah.

6 komentar:

  1. Aku suka semua makanan yang disebutin di atas. Selain karena rasa-rasanya memang enak dan ngangenin, juga karena aku adalah anak Indonesia #EEh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak Indonesia yang ngangenin ya kan?😃

      Hapus
  2. Nasi goreng. Nggak pernah bisa nolak sama makanan satu ini

    BalasHapus
  3. Nasi goreng jawa, nasi goreng seafood. Duh, bikin laperrrr

    BalasHapus
  4. Paleng doyan sama nasi goreng ikan asin :3 hohoh murah tapi rasanya terbaik

    BalasHapus